eryk budi pratama

eryk budi pratama
Home » » Kelebihan Berkarier di Big 4

Kelebihan Berkarier di Big 4


Beberapa minggu yang lalu saya sempat membaca artikel yang menarik tentang benefit dari berkarier di Big 4. Dulunya Big 4 dikenal sebagai professional services di bidang accounting, namun sekarang bisnisnya sudah banyak berkembang di bidang consulting (advisory) juga. Sebagai informasi saja, saya salah satu konsultan EY di service line Advisory. Pada artikel ini, saya ingin sedikit menambahkan informasi atau memberikan tanggapan atas artikel yang saya baca tersebut. Segala tulisan saya berdasarkan apa yang saya rasakan dan pengalaman selama di EY (khususnya di service line Advisory). Untuk "Big 4" yang lain seperti PwC, Deloitte, dan KPMG bisa saja sama tapi bisa juga berbeda karena faktor-faktor yang mempengaruhi juga pasti beda.

Exponential learning curve
Bukan rahasia lagi bahwa bekerja di Big 4 dapat meningkatkan secara cepat pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan di bidang tertentu yang kita tekuni (atau bidang yang masih relevan). Jika diibaratkan sebagai kurva, maka bentuknya eksponensial. Dalam waktu yang singkat, kita bisa mendapatkan banyak pengalaman, baik untuk bidang yang jadi core competencies kita, bahkan bidang-bidang yang masih relevan dan tidak secara langsung relevan dengan expertise kita. Selama 2 tahun di EY, saya sudah mengerjakan puluhan proyek. Lebih banyak dari umur saya tentunya :)
Kalau kata beberapa orang yang saya kenal, 1 tahun di EY sama dengan beberapa tahun di perusahaan non-consulting. 
Kadang dalam satu waktu, saya bersama tim mengerjakan lebih dari 1 proyek. Pokoknya serba paralel. Selain itu, jenis proyek yang dikerjakan pun beragam sehingga pengalaman yang saya dapatkan dari setiap proyek pun cukup berbeda. Untuk proyek yang sama, kesempatan buat saya untuk meningkatkan efektivitas kerja. Untuk proyek yang beda, kesempatan buat saya untuk belajar hal baru. Saya sudah pernah menulisnya di sini, di sini, di sini, dan di sini. Saya juga menuliskan rangkuman dari jenis proyek yang pernah saya kerjakan di jejaring sosial Linkedin.
Memang Big 4 tempat yang tepat untuk mempercepat pengalaman, pengetahuan, dan batu loncatan untuk akselerasi karier.

Opportunity to take on large amounts of responsibility very early in your career
Ini tantangan yang saya suka. Idealnya, seorang konsultan mengerjakan hal-hal yang menjadi bidangnya. Misalnya saya sebagai cybersecurity consultant, hanya melakukan pekerjaan seputar cybersecurity, misalnya melakakukan pentest, compliance review, security audit, ISO 27001 assessment, dan sejenisnya. Melakukan project planning, kick-off, reporting, presentation juga bagian dari tugas dan masih relevan. Saya ingin tanya, pernah tidak untuk konsultan freshgrad atau yang pengalaman kerjanya di bawah 2 tahun diberi tanggung jawab untuk melakukan business development (bikin proposal, ikut tender, cari project)? project management? resource management? team development? Kalau masuk EY khususnya tim saya, harusnya hal-hal tersebut bakal kita kerjakan. Beberapa pekerjaan yang harusnya dikerjakan di level manajer pun bisa dikerjakan oleh level staff (1-2 tahun). Jadi, terbukti memang banyak tanggung jawab yang saya dan tim pegang di awal-awal karier sebagai konsultan.
There are very few careers that allow you to start obtaining direct managerial experience by age 24
Umur saya 24, sesuai dengan salah satu kutipan di atas bahwa di usia yang masih sebiji jagung gini saya bisa merasakan managerial experience. Bahkan untuk beberapa proyek yang melibatkan EY Global, saya benar-benar manage itu proyek karena memang saya menjadi PIC di Indonesia jika ada proyek dari luar negri. Di Big 4 ada sistem counseling dimana kita selain dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, juga harus bisa mengembangkan kemampuan tim. People development. Seorang manajer selain harus mengatur pekerjaan tim, juga harus dapat mengembangkan tim.

You will work with incredibly smart and successful people every single day
Kalau yang ini tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang-orang super di EY. Banyak dari rekan-rekan se-project yang lulusan luar. Banyak juga rekan-rekan yang high performer dan smart. Beberapa juga ada yang sampai double promote karena prestasinya luar biasa. Ya semoga saja nular ke saya juga hehe. Dalam sebuah project, kadang saya setim dengan rekan-rekan dari tim lain. Misalnya seperti saat ini,saya sedang mengerjakan project bersama dengan rekan-rekan dari FSO dan IT Advisory. Pernah juga setim sama anak IT Audit (Di EY istilahnya Channel 1). Manfaatnya sih dengan tim yang berasal dari beberapa spesialisasi, saya jadi bisa belajar dikit-dikit yang biasanya mereka kerjain dan bagaimana cara mereka bekerja. Banyak yang saya pelajari dari orang-orang di EY.

You will have every opportunity to prove yourself and succeed
Setiap orang punya kesempatan yang sama. Di sini kesempatan untuk membuktikan diri bahwa kita bisa menjadi lebih baik dan memberikan kontribusi terbuka lebar. Sebagai konsultan dengan bidang-bidang tertentu yang sesuai dengan spesialisasi, kadang (bahkan sering) dituntut untuk bisa menguasai banyak hal, entah itu yang berhubungan sama bidang kita maupun tidak, bahkan untuk hal-hal yang bersifat administratif. Kadang kita diberikan kepercayaan untuk mengemban tanggung jawab yang lebih dari apa yang seharusnya kita lakukan di level saat sekarang kita berada. Kita dituntut untuk bisa menembus batas kita dan belajar banyak hal dalam waktu cepat. Memang dengan banyaknya yang kita pelajari dan kerjakan, membuat pikiran lelah dan capek. Tapi hikmahnya, saya jadi terbiasa untuk belajar dan memahami hal-hal baru dalam waktu yang singkat. Saya sangat senang karena ini salah satu bentuk latihan untuk menjadi seorang versatilist.

Annual promotion
Kelebihan dari Big 4 adalah adanya annual promotion. Saya pernah menulis artikel yang menyebutkan sedikit gambaran jenjang karier di EY. Setiap tahun ada performance review untuk menentukan promotion atau progression. EY punya namanya PMDP (performance management and development process). Saya pernah menjelaskan sekilas tentang PMDP di sini. Berhubung saya di level yang belum tahu detil proses PMDP di balik layar seperti apa, mungkin saya tidak bisa banyak menjelaskan terkait hal tersebut. Di big 4 (khususnya EY), kami ditutntu untuk menjadi "high performer consultant". Kalau gak perform dengan baik, jangan harap mudah untuk naik apalagi untuk promotion (misalnya dari Senior 4 ke Manager 1 atau Manager 3 ke Senior Manager 1). 
Di EY ada istilah promotion dan progression. Kalau promotion itu untuk naik level, misalnya Assistant ke Senior (A2 ke S1), Senior ke Manager (S4 ke M1), atau Manager ke Senior Manager (M3 ke SM1). Progression itu kenaikan gradenya, misalnya dari Senior 1 ke Senior 2 atau Manager 2 ke Manager 3, dsb. Kalau ngomongin gaji, menurut saya untuk progression lumayan lah selisihnya apalagi kalau promotion :)

World-class experiences and International opportunities
Walaupun saya belum pernah dikirim ke luar negri, tapi saya beberapa kali terlibat dalam project skala global. Dalam project terkatit ISO 27001 Maturity Assessment dan Third Party Security Assessment, saya bekerja sama dengan EY Prancis, Hongkong, Singapore, dan India. Minimal saya bisa belajar bagaimana pola mereka dalam bekerja dan aksen dalam berbicara bahasa Inggris.

Exposure to high ranking client personnel, including executives
Selama ini, saya sudah bertemu dengan orang-orang di level operations dan executives. Untuk project tertentu, cukup mudah jika kita ingin bertemu dengan top level management. Padahal untuk staf di perusahaan itu sendiri mungkin gak mudah dan butuh waktu untuk bisa berdiskusi langsung dengan executives secara maksimal. Dari project yang selama ini saya kerjakan, banyak yang bilang kadang orang dalam lebih mau mendengarkan saran konsultan ketimbang orang dalam itu sendiri. Di situ salah satu kelebihan bekerja sebagai konsultan, khususnya di Big 4.

Stamp of approval on your resume
No comment untuk yang ini. Yang jelas, beberapa kali sudah ada yang offer ntah itu via linkedin maupun media yang lain. :)

Kurang lebihnya seperti itu. Semoga bermanfaat  ^_^
   

 
Eryk Budi Pratama, S.Kom, CEH, CHt.
IT Advisory Consultant - Cyber Security - Ernst&Young (EY)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo eryk. Apakah boleh minta email? Ada beberapa hal yg aku tanyakan terkait bekerja di posisi advisory di big 4. Makasih 😄. yuni

Bujang Tambun mengatakan...

halo pak eryk, boleh saya minta email atau akun media sosialnya? saya mau nanya nanya, tentang bagaimana lulusan bakrie selanjutnya saya baru lulus camaba univ bakrie. dan mau nanya nanya. jika bapak berkenan memberi tahu pengapalamam bapak. bapak bisa memberi tahu saya dengan membalas komen atau pun email saya di baladikaalhariri@gmail.com. sebelumnya terima kasih pak

Posting Komentar

Labels

400 education adsl2+ advisory apec as400 auditor bakrie telecom bakrieland bakrieland goes to campus big 4 bisnis BLOG BTEL bts building relationship ccna ceh certified ethical hacker changi chevron CHIP cloud cloud computing collaboration comptia corporate affairs daily social db2 diskusi panel drupal edugate elektro emart ericsson indonesia ernst&young erp eryk budi pratama event report ey fo gaji game developer game development game programmer goes to school gpon gratis harapan hipnosis hipnoterapi i-Community iArmy IBM IBM i ibm indonesia ibm technology iCommunity ict award iFestival ilmu inaicta INDC international islamic university malaysia internship inti college IT IT consultant it risk assurance jaringan komputer kampus karier kebersamaan klcc komunikasi konsultan konsultan IT kuala lumpur kuliah larkin liburan linkedin magang makan malaysia mandiri young technopreneur membangun relasi microsoft mimpi MNC modem money matters moonson academy mrtg MUGI NET network nilai noc nokia noqc opera software paper pengalaman petronas php presentasi proferyk project management proposal proxmox queen street relasi relationship robotika rynet s40 web apps salary sap sap01 sekolah selina limman seminar seremban sharing session sidang singapore sitroges sixma technology skripsi ss robotika statistika struktur data system i talkshow tandif teknik informatika telekomunikasi telepati telkom time tugas akhir tulisan uas ub UGM unilever universitas bakrie urbanesia usaha venture web hosting wirausaha muda mandiri workshop cloud computing young on top
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eryk Budi Pratama - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger